Rabu, 05 Agustus 2015

Profil SMP Negeri 30 Bandung

Sejarah SMP Negeri 30 Bandung
SMP Negeri 30 Bandung beralamat di Jl. Sekejati No. 23 Kelurahan Sukapura Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. SMP Negeri 30 adalah filial dari SMP Negeri 4 Kota Bandung di Jl. Centeh No. 5 Bandung yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0472 / 0 / 1983 tertanggal 7 November 1983.

SMP Negeri 30 Bandung berdiri diatas tanah Milik Kodam III Siliwangi dengan luas tanah   adalah 4000 m2 dengan status Hak Guna Pakai.



VISI MISI TAHUN 2016 - 2019

Visi
      Terwujudnya insan yang bertaqwa, berprestasi, bersih, sehat, dan berbudaya.

MISI
Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, maka SMP Negeri 30 Bandung menetapkan misi sebagai berikut :
1.      Meningkatkan pembinaan dalam bidang keagaman untuk  membentuk insan berakhlaqulkarimah.
2.      Mengoptimalkan pembelajaran yang aktif, inovatif,  kreatif,  efektif dan menyenangkan.
3.      Mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran
4.      Memfasilitasi siswa dalam mengembangkan potensi akademik dan non akademik sesuai minat dan bakat untuk menujang kecakapan hidup.
5.      Meningkatkan kemampuan daya saing baik di tingkat regional maupun tingkat nasional.
6.      Meningkatkan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan yang kokoh, handal dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi
7.      Meningkatkan budaya gemar membaca literasi
8.      Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, aman, nyaman, dan ramah anak.
9.      Memberikan pelayanan kepada seluruh siswa dengan memperhatikan keberagamananya.
10.  Menciptakan sekolah yang berbasis budaya sunda.
      
INDIKATOR
1.1.Seluruh siswa dan guru melaksanakan solat duha bersama, dhuhur berjemaah, dan membaca alquran pada setiap awal pembelajaran.
1.2.Setiap hari Jumat secara bergiliran siswa melakukan solat jumatan di sekolah.
2.1 Guru mengajar dengan menggunakan metode yang bervariasi disesuaikan dengan karakteristik Kompetensi Dasar.
2.2 Guru merecanakan pengelolaan kelas sebelum pembelajaran ke kelas.
3.1 Guru melakasanakan berpembelajaran dengan menggunakan sarana dan prasarana yang telah disediakan sekolah.
3.2  Guru memafaatkan lingkungan sekolah untuk dijadikan media pembelajaran.
4.1 Siswa diberi kesempatan untuk menampilakan kemampuan seninya pada jam-jam istirahat.
4.2  MGMPS mengadakan lomba-lomba akademi anatar kelas.
5.1 Siswa diikutsertakan mengikuti FL2SN, Olimpiade baik tingkat regional maupun nasional.
6.1 Guru mengikuti pelatihan-pelatihan, seminar sesuai dengan kebutuhannya baik tingkat MGMP wilayah maupun MGMP Kota.
6.2 Guru disarankan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas berbasis IT.
7.1 Setiap siswa diwajibkan mengunjungi perpustakaan untuk membaca maupun meminjamnya.
7.2. Setiap hari Senin setelah istirahat perwakilan dari kelas secara bergantian untuk melaporkan hasil bacaannya.
8.1  Semua warga sekolah diwajibkan bersikap ramah kepada tamu.
8.2 Siswa mengucapkan salam pada saat bertemu/berpapasan dengan guru/karyawan sekolah.
8.3 Setiap hari guru secara bergiliran menyambut, menyapa, dan menyalami siswa yang baru datang di pintu gerbang.
9.1 Peserta didik yang beragama muslim maupun non muslim mendapat kesempatan untuk menjadi pengurus OSIS
9.2 Peserta didik yang beragaman non muslim dijadwalkan jam pembelajarannya dengan guru khusus.

STRATEGI 
Agar tujuan tersebut dapat diukur keberhasilannya kami rumuskan strategi sebagai berikut:
1.                        Religi
a. Terbiasa dan hapal membaca beberapa ayat Alquran dan mengumandangkan   Asmaulhusna setiap hari sebelum pelajaran dimulai
b.Pendalaman Al-Quran melalui pembelajaran BTQ, sehingga lulusan SMP Negeri 30 Kota Bandung  dapat membaca dan menulis AlQuran dengan benar.
c.  Menjuarai MTQ, Kaligrafi, cerdas cermat tingkat kota Bandung, Provinsi dan Nasional
d.   Melaksanakan sholat sunah Dhuha, sholat Dzuhur berjamaah dan Taddarus Alqur'an
e. Siswa laki-laki diwajibkan mengikuti solat Jum’at di sekolah, dan siswa perempuan   melaksanakan kegiatan keputrian.
f. Memfasilitasi ekstrakuriler bagi remaja masjid (IRMA)
g. Melaksanakan kegiatan peringatan hari-hari  besar Agama Islam.
h.  Melaksanakan kegiatan pesantren Ramadhan.
i.  Memfasilitasi siswa dalam kegiatan bidang keagamaan
j.  Mengadakan Tabligh  Akbar dua kali dalam setahun
2.   Akademis :
a.    Dengan mengupayakan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada siswa diharapkan nilai akademis termasuk hasil Ujian Nasional rata-rata meningkat setiap tahun minimal 0,25 dengan presentasi kelulusan 100% .
b.      Keterserapan siswa di SMA favorit melaluli perolehan nilai ujian nasional dan ujian sekolah dengan  rata-rata 85.
c.       Mampu berkomunikasi secara aktif dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, dan Bahasa Inggris. Untuk memperoleh juara pertama pada setiap perlombaan di tingkat Jawa Barat dan tingkat Nasional
d.      Mengikutsertakan tenaga pendidik dan kependidikan pada berbagai pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang mendukung kinerja.
e.    Mengoptimalkan keikutsertaan   pada kegiatan MGMP/MGMPS dan MGBK.
3. Non Akademis:
a.    Adanya jalur non akademis jalur prestasi dalam penerimaan siswa baru, diharapkan siswa secara aktif dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya.
b.   Keterserapan siswa di SMA Favorit melalui jalur prestasi Non Akademis dalam bidang Olahraga , Seni, dan keagamaan.
c.    Menghasilkan atlit di bidang Olahraga Karate, Futsal, Bulutangkis, Renang dan  Taekwondo .
d.   Menghasilkan seniman di bidang  seni tari, seni musik dan seni suara
e.    Mampu berprestasi dan menjadi juara  pada setiap perlombaan olahraga, Karate, Putsal, Bulutangkis, Renang dan Taekwondo  di tingkat kota, provinsi, dan nasional
f.    Mampu berprestasi dan menjadi juara  pada setiap perlombaan  seni tari, seni musik, dan seni suara tingkat kota, provinsi, dan naional
4. Budaya
a.    Mensosialisasikan budaya “SENYUM, SALAM, SAPA” melalui slogan-slogan dan pembinaan.
b.   Menjadikan anak yang sopan santun terhadap orang tua, guru dan teman.
c.   Menanamkan dan menumbuhkan apresiasi terhadap karya seni.
d.  Mampu berprestasi dan menjadi juara  pada setiap perlombaan  seni tari, seni musik,   seni suara dan olah raga tingkat kota, provinsi, dan nasional
e.   Menciptakan lingkungan sekolah yang berbudaya Sunda
f.    Berprilaku sesuai dengan tata krama Sunda
g.   Menjadi duta budaya Sunda dari mulai tingkat regional, nasional, dan internasional
5.   Prestasi:
a.    Mengembangkan Olahraga (Karate, Bulutangkis, Renang,  Futsal dan Taekwondo)
b.   Mengembangkan sanggar seni vokal
c.    Mengembangkan sanggar seni tari
d.   Pengembangan Karier siswa.
6.   Teknologi:
a.   Mempermudah komunikasi antara sekolah dengan orang tua, masyarakat dan perkembangan belajar siswa melalui layanan one line
b.   Mempermudah komunikasi antara sekolah dengan orang tua dan masyarakat dalam layanan bimbingan minat, bakat siswa dengan memamfaatkan teknologi internet.
7.   Lingkungan  
a.   Terbiasa memelihara lingkungan bersih di dalam dan di luar lingkungan sekolah
b.   Tersedianya tempat pengolahan sampah menjadi kompos yang dapat dijadikan sumber perolehan dana.
c.   Pemanfaatan lahan kosong dengan tanaman produktif yang bernilai usaha.
d.  Memanfaatkan lahan-lahan kosong menjadi taman sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar